Optimalisasi SDA dan SDM melalui Seminar ‘’Strategi Pemasaran Desa’’ di Desa Palasa


Optimalisasi SDA dan SDM melalui Seminar ‘’Strategi Pemasaran Desa’’ di Desa Palasa

Palasa. Strategi pemasaran desa sudah menjadi hal mutlak yang dibutuhkan oleh pemdes untuk menjaga roda perekonomian desa itu sendiri. Hal ini disadari oleh mahasiswa kkn 9 desa palasa bahwa untuk memberdayakan masyarakat tidak hanya dibutuhkan SDA dan SDM yang mumpuni tetapi juga strategi pemasaran yang tepat sasaran.
Untuk mendukung efektifitas kegiatan ini yang dilakssanakan pada tanggal 4 Agustus 2017, mahasiswa kkn kelompok 9 Universitas Trunojoyo Madura Desa Palasa menunjuk Bapak Muhammad Ishaq Abdussalam Syam, S.Sos.,M.Sosio sebagai pemateri dan mengundang para perangkat aparatur desa serta warga desa palasa sebagai peserta seminar. Saudara Eko Husaini selaku koordinator desa menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bagian final dari rentetan program pelatihan yang telah dilakukan sebelumnya. “jadi strategi pemasaran desa ini merupakan lanjutan dari beberapa pelatihan keterampilan yang telah kami lakukan bersama dengan masyarakat sebelumnya, yang pada akhirnya kami harapkan masyarakat desa palasa tidak hanya memiliki keterampilan untuk mengolah suatu produk, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memasarkan produk khas desa tersebut sehingga potensi yang ada bisa dimaksimalkan secara optimal oleh masyarakat”.
Selain materi strategi pemasaran desa, seminar ini juga membahas faktor-faktor penyebab kurangnya perkembangan perekonomian desa serta solusi praktis untuk mengatasi permasalahan dengan memanfaatkan peluang yang sudah ada di desa Palasa. Salah satu trik pemasaran yang dikemukakan oleh bapak Ishak adalah dengan memanfaatkan mobilisasi masyarakat yang mayoritas pemudanya merantau ke kota besar untuk mengadu nasib terutama dijakarta. “jadi para pemuda dari desa palasa ini yang mengadu nasib ke jakarta kita jadikan agen untuk membangun relasi, mempromosikan produk-produk khas desa seperti contohnya nugget rajungan ataupun hasil olahan semangka hasil pelatihan dari teman-teman kkn”.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.