Transplantasi 600 Bibit Mangrove Untuk Pantai Palasa



Transplantasi 600 Bibit Mangrove Untuk Pantai Palasa


            Palasa. Mangrove merupakan  salah satu vegetasi yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Keberadaannya selain sebagai pencegah erosi pantai, juga merupakan rumah yang baik bagi biota laut seperti ikan, molusca, dan bibit-bibit ikan.  Melihat banyaknya manfaat mangrove tersebut,  sangat disayangkan apabila penyebaran mangrove masih belum merata di sekitar pantai desa Palasa.
            Oleh karena itu, sebagai metode pemberdayaan dan transfer ilmu pengetahuan bagi masyarakat, KKN kelompok 9 UTM mengajak masyarakat untuk melakukan penanaman 600 bibit mangrove sekitar pesisir pantai Desa Palasa, kec. Talango, kepulauan Poteran, Sumenep. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat desa agar lebih mencintai dan menjaga lingkungan hidup agar ekosistem kelautan tetap seimbang, sehingga potensi yang dimiliki oleh pulau Poteran terutama di Desa Palasa dapat terus berkelanjutan. 


            Ahmad Kutada, selaku sekertaris desa Palasa, menyambut baik kegiatan transplantasi mangrove ini dengan ikut terjun ke lahan. ‘’di Palasa ini jumlah tanaman mangrovenya sudah cukup banyak, namun semuanya adalah hasil dari proses alami. Dengan adanya kegiatan ini semoga saja masyarakat termasuk saya bisa melestarikan mangrove sendiri tanpa harus menunggu pertumbuhan alami terjadi’’.
            Kegiatan menanam mangrove ini merupakan bagian dari visi mahasiswa KKN kelompok 9 Palasa untuk menjaga ketahanan pesisir pantai desa Palasa agar potensi desa dapat terus lestari dan berkelanjutan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.